Surga dan Neraka Ada di Rumahmu

Hari itu, tepatnya hari minggu 6 maret 2016. Saya menghadiri acara maulid sekalian haul guru ngaji saya sejak kecil (madrasah dinniyah islamiah). Banyak hal penting dan bermanfaat saat saya mendengarkan ceramah dari para mubaligh, ulama dan habaib. Semuanya bagus dan menjadi renungan bersama, khususnya terkait bahasan kemuliaan orang tua kita.

Berikut merupakan kisah nyata dan penuturan langsung dari penceramah serta merupakan pesan penting dari al-habib abdurrahman bin ahmad assegaf. Dikisahkan secara nyata, seorang cucu ulama KH Sabdallah datang ke rumah al-Habib abdurrahman (sayyidil-walid) bersama guru ngaji saya, dengan tujuan meminta nasehat, kata pengantar serta tanda tangan untuk sebuah buku tauhid yang dikarangnya. Saat al-habib membaca isi karangan buku tsb tiba-tiba datang seorang santri dan langsung menghampiri al-habib dan percakapan pun terjadi sbb :

S (santri) : (setelah mencium tangan) habib, saya pamit mau pulang kampung dulu, minta                       tolong doakan agar sehat dan selamat sampai tujuan.
H (habib) : apakah kamu masih punya bapak ibu (orang tua) ?

S : alhamdulillah, ibu masih ada sedangkan bapak sudah lama meninggal.
H : mintalah doa ibumu, sesungguhnya addua'aul walidain khairu min alfi 'ulamaa 

(doa kedua orang tua lebih baik daripada doa 1000 ulama)

Penceramah lainnya dalam acara haul ini juga bercerita, sesungguhnya Rasulullah bersabda "surga dan neraka ada di rumahmu" . Maksudnya adalah kedua orang tua kita, berikanlah yang terbaik untuk mereka, berikanlah kesenangan tertinggi untuk orang tua kita.

Janganlah kita bersedekah tapi lupa berbagi rezeki kepada orang tua
Janganlah kita mambahagiakan orang lain tapi lupa menyenangkan orang tua
Sayangilah mereka dengan cara terbaik.

Sesungguhnya ridho Allah ada pada ridho kedua orang tua kita, sesuai hadits nabi.
Dan sesungguhnya surga dan neraka atas dasar ridho Allah, jika Allah ridho atas amal perbuatan kita niscaya balasannya Jannah.


Berikut cuplikan rekaman penceramah tentang hal ini.


Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua


#diketik oleh saya, dibaca oleh siapa saja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu MAHRAM ?

Kehendak, Ijin dan Ridho Allah swt

Goes Outing to Bandung