Renungan

Setiap menjelang akhir tahun, umumnya banyak orang yang mulai me-review setahun ke belakang, apa yang telah dilakukan, apa yang belum dilakukan, pencapaian apa yang sudah diperoleh. Semua itu tidak terlepas dari motivasi dan semangat kita pribadi untuk meraihnya. Komitmen sangat dibutuhkan agar sesuai target yang diinginkan.

Tidak terkecuali dengan saya, secara pribadi saya pun mentargetkan pencapaian untuk tahun 2015 ini. Banyak hal yang ingin dilakukan, terkait dengan keluarga, sosial kemasyarakatan, lingkungan, rumah, sertifikasi, silaturahmi, refreshing dan sebagainya. Namun bukan itu yang kali ini ingin dibahas dalam tulisan ini, harapan saya untuk tahun ini adalah bisa menghapal beberapa surat al-quran selain daripada surat juz 30, lebih banyak meluangkan waktu membacanya dan mengajarkan istri, yang saya bisa dan punya ilmunya (tajwid, makhroj dll). Lebih jauh, kita bisa sama-sama belajar mendalaminya.

Walaupun semua ayat dalam al-quran itu bagus, namun ada beberapa yang memang saya berniat menghapalnya. Mungkin dari beberapa ayat yang saya coba kumpulkan untuk dihapal sbb : (mungkin ada referensi lainnya, mohon informasinya ^_^)

  • al-Hasr 18-24 (*)
  • al-Isra 78-85 (*)
  • al-Ahzab 21-24
  • Ta-Ha 1-12
  • Fussilat 30-38, 44-46
  • Muhammad 33-37
  • al-Baqarah 284-286 (*)
  • al-Mulk (**)
  • al-Waqiah (***)
  • Ar-Rahman
  • Yasiin

Dari surat tersebut, alhamdulillah beberapa surat insyaAllah sudah dihapal (*), dan syukur alhamdulillah awal tahun ini juga telah menghapal (**). Semoga awal bulan februari sudah selesai (***)

Jadikanlah ayat al-quran sebagai perisai bagi diri sendiri, sesungguhnya jika kita menjaga milik Allah, insyaAllah Allah menjaga diri kita. Sebagaimana halnya, jika kita membantu/meringankan kesulitan orang lain, niscaya Allah akan membantu/menghilangkan kesulitan kita.

Bukan perhitungan atau menuntut balas budi, tetapi jika kita secara logika menilai hitung-hitungan pahala, sesungguhnya setiap satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat (misalnya kita menolong orang buta menyebrang...1 kebaikan, mengangkat batu kerikil dari jalan...1 kebaikan, menolong orang terjatuh dsb), sedangkan dalam 1 huruf al-quran mengandung 10 kali kebaikan. Subhanallah ya.. begitu besar pahala kebaikan ketika kita membaca al-quran.

Mulailah membiasakan diri membaca al-quran walaupun hanya satu ayat. InsyaAllah nanti terbiasa dan muncul motivasi dalam diri. Janganlah sia-siakan umur kita, sesungguhnya setiap amalan itu ada balasannya walau sekecil apapun.

Mohon koreksi apabila ada kesalahan penyampaian atau tulisan, sesungguhnya yang benar datangnya dari Allah, sedangkan kekhilafan/kesalahan dari saya pribadi.


Semoga Allah selalu menjaga kita dari sifat ria dan sum'ah
Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk-NYA untuk kita semua...



Aamiin ya rabbal'alamiin


#diketik oleh saya, dibaca oleh siapa saja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu MAHRAM ?

Kehendak, Ijin dan Ridho Allah swt

Goes Outing to Bandung