Amalan Sedekah

Pada blog sebelumnya, saya pernah menulis quote " banyak meminta dan banyak memberi". Banyak meminta dalam artian perbanyak berdoa, meminta segala hal hanya kepada Allah SWT, jangan pernah bosan ataupun merasa putus asa.

Melanjutkan quote diatas, banyak memberi, ini mengandung makna perbanyaklah memberi bantuan kepada orang yg membutuhkan, dengan bershodaqoh/sedekah. Niscaya yang akan kita peroleh berlipat ganda, bisa 2 kali, 10 kali, 700 kali. Tidak ada yang mengetahui secara pasti balasannya, karena ini rumusan Allah. Yang perlu kita lakukan adalah percaya dan meyakininya serta ikhlas menjalankannya.

Mungkin banyak dari kita yang bertanya seperti ini
  1. Sebaiknya sedekah itu terang-terangan (terbuka) atau sembunyi (tertutup) ?
  2. Apakah pasti dibalas setiap sedekah itu ? 
  3. Apakah sedekah bisa mengubah hidup seseorang, bagaimana caranya ?

Jawabannya kurang lebih demikian (jika ada kesalahan kata atau jawaban, mohon masukan dan sarannya). Mari kita sama-sama belajar, menggali lebih dalam, dan berusaha lebih baik lagi.

  1. Sedekah boleh secara terang-terangan dan juga boleh secara sembunyi, yang paling penting menjaga hati tetap ikhlas, konsisten serta niat yg lurus. Jika dilakukan secara terbuka, bisa diniatkan menjadi contoh bagi orang lain, sehingga orang lain termotivasi untuk melakukannya. Jadi hati tetap terjaga dari ria atau sombong. Akan tetapi sebaiknya kita tetap memiliki satu amalan sedekah yang tersembunyi, siapapun tidak mengetahui kecuali Allah SWT
  2. Sedekah itu pasti dibalas ganjarannya, minimal 10 x lipat, yakinlah akan hal ini. Bahkan tidak sulit bagi Allah memberikan balasan yang lebih dari ekspektasi kita. Balasannya pun tidak harus dalam bentuk uang, bisa juga dalam bentuk benda, kesehatan, kemudahan/kelancaran, keberkahan, dihindarkan dari musibah/bencana dsb.
  3. Bisa, dengan syarat dia yakin tanpa keraguan dan tanpa hitung-hitungan, lakukan dengan nominal yg mengejutkan, maka akan diperoleh balasan mengejutkan pula. Kekayaan itu belum tentu harus dimiliki, bisa saja bertahap atau sekedar mengurus barang/rumah orang lain tanpa batas waktu, ataupun hal lainnya yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu. Karena sesungguhnya Allah mengetahui yang lebih baik untuk kita.

Hampir semua orang pasti mengenal istilah asuransi. Bahkan saat ini asuransi sedang populer untuk proteksi diri, serta investasi. Banyak orang mulai menyadari jika perlindungan masa depan itu penting, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Berkembanglah bermacam asuransi, beragam juga fitur yang ditawarkan. Perlindungan harta benda, jaminan pendidikan, proteksi diri dari kecelakaan atau sakit, bahkan yang tidak masuk logika saya seperti asuransi bagian tubuh dengan nominal yang fantastis.

Saya pun ikut menjadi customer salah satu perusahaan asuransi. Namun apakah kita menyadari bahwa Allah memiliki bentuk asuransi untuk hamba Nya, yaitu dengan cara bersedekah. Bahkan asuransi ini lebih bersifat preventive, yaitu dijamin sebelum kejadian. Sedekah memiliki banyak manfaat, diantara dilapangkan rejekinya, dijauhkan dari penyakit, menolak bala/musibah. 

Seperti yang terdapat dalam hadist bahwa sedekah :
  • mengundang datangnya rejeki
  • menolak bala/musibah
  • menyembuhkan penyakit
  • memperpanjang umur

Sedekah yang diiringi amalan lain (perbanyak istighfar, perbaiki shalat, mengerjakan puasa sunnah, tahajud, dhuha, baca quranridho orangtua,doa dsb) bisa mengangkat derajat seseorang bahkan segala sesuatunya bisa tercapai dengan cara pintas/cepat (jalan Allah yang menentukan). Disatu sisi orang umumnya melakukan sesuatu sesuai ketentuan dunia dengan hasil tahap demi tahap hingga sampai puncak. Lain halnya dengan orang yg mengamalkan sedekah tanpa hitung-hitungan, insyaAllah jika percaya, yakin dan menjalani dengan benar, Allah memberikan jalan pintas yang tidak diduga, pencapaian diperoleh dalam waktu singkat, kesuksesan diraih dengan cara yang berbeda. Memang Allah sang maha sutradara, menciptakan skenario hidup terbaik untuk hamba dengan cara yang berbeda-beda sesuai amalannya. Sesungguhnya dalam dunia ini tidak ada yang terjadi secara kebetulan, semua sudah dalam rancangan sang Maha Sutradara, baik itu yang bersifat baik maupun yang buruk.


Mungkin beberapa dari kita masih maragukan hal ini, namun penulis mengalami sendiri, real life story. Ada yang sudah ditulis dalam web-blog ini, kejadian dimana mobil kami tidak menyalakan lampu depan sejak dari tol cipularang hingga areĆ  perumahan kami di bekasi. Semua jelas pertolongan Allah jika kita belajar hikmah dari setiap kejadian tersebut. Ada saatnya saya dipermudah urusannya bahkan melampaui yang saya harapkan, yaitu saat pernikahan kami...its wonderful moment and unforgetable event. Ada kala langsung dibayar tunai oleh Allah, ketika saya sedekah pagi senilai 100 rb, sore hari langsung dibayar tunai dengan steak holycow, yg memang saat itu saya pengen makan steak. Yang perlu diingat, sesungguhnya Allah lebih mengetahui yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Apakah itu kesehatan atau uang atau kesuksesan atau kebahagiaan, Dia lah Allah yg maha mengetahui lagi maha menentukan.

Semoga kita masuk dalam golongan orang yang senang bersedekah dan Allah ridho atas hal itu....Aamiin


#diketik oleh saya, dibaca oleh siapa saja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu MAHRAM ?

Kehendak, Ijin dan Ridho Allah swt

Goes Outing to Bandung