Wisata Edukasi - BFC Bintaro

Beberapa waktu lalu, kami sekeluarga pergi ke tempat wisata edukasi. Namanya BFC mini Farm, yang berlokasi di Kp.Tegal Rotan Rt.03/07 No.123, Desa Sawah Baru, Ciputat, Tangerang (seberang mal Bintaro EXChange). Tempat ini menawarkan empat hewan untuk diajak bermain yaitu landak mini, kelinci mini, lobster air tawar dan kura-kura. Harga tiketnya 60 ribu (menurut saya pribadi sih kemahalan ya). Oia, tempatnya agak ke dalam kawasan pemukiman dan jalannya tidak terlalu besar.

Saat pertama datang, kami diajak bermain dengan landak mini, yang tentunya aman untuk dipegang anak kecil. Disini kita bisa melihat banyak landak mini yang umumnya sedang tidur, karena aktivitas mereka dimalam hari. Lalu menyaksikan landak ini berenang dan memandikannya.


Dilanjutkan belajar tentang lobster, cara membedakan lobster air tawar dan laut, membedakan jantan dan betina serta memegang lobster air tawar.


Salah satu hal menarik, disini ada kura-kura darat yang ternyata aman untuk dipegang karena tidak menggigit, berbeda dengan kura-kura air yang umumnya berbahaya karena suka menggigit dan parahnya lagi ketika sudah menggigit, kura-kura akan tetap pada posisinya dan tidak mau melepaskan....berbahaya kan :(
Anak-anak diajak berinteraksi langsung dengan kura-kura air tawar dan darat seperti mengelus rumah kura-kura, memandikan dan menggosok kura-kura serta berfoto bersama kura-kura. Tentunya dengan ditemani instrukturnya agar tertib dan aman.



Acara berikutnya memberi makan ikan nila merah di kolam besar, dilanjutkan kegiatan menangkap lobster dengan tangan atau saringan yang sudah disiapkan. Anak-anak terlihat senang saat menangkap karena ramai dengan pengunjung lainnya.

Kemudian kami diajak ke tempat bermain kelinci, disini kelinci berkeliaran ke sana kemari. Kami pun berlarian mencoba menangkap mereka, anak-anak berlatih memegang dan menangkap kelici. Tak lupa kami juga memberi makan kelinci dengan pakan olahan.









Secara umum, menurut saya pribadi kurang berkesan karena tempatnya sudah kurang terawat dan agak bau kotoran binatang, namun untuk latihan interaksi anak dengan binatang lumayan lah (3 stars from 5). 

*ditulis oleh saya, dibaca oleh siapa saja

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu MAHRAM ?

Kehendak, Ijin dan Ridho Allah swt

Goes Outing to Bandung